Monday 8 November 2010

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Pengertian Individu, Keluarga, Masyarakat

Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan-peranan yang khas didalam lingkungan sosialnya, meliankan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat yang terbentuk dari sekumpulan individu.
Masyarakat adalah sekelompok manusia yang tinggal disekitar lingkungan tempat tinggal manusia.


Relasi Antara Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Individu, Keluarga, dan Masyarakat sangat berhubungan erat. Karena keluarga dan masyarakat terbentuk dari kumpulan individu. Begitu juga individu yang membutuhkan adanya interaksi sesame individu hingga membentuk keluarga atau masyarakat, karena individu perlu untuk mengekspresikan aspek sosialnya di dalam keluarga atau masyarakat.
Individu-individu akan membentuk suatu keluarga dimana mereka akan bersosialisasi dan mengembangkan pribadi masing-masing. Dan dari keluarga lah individu akan mulai terjun kedalam sosialisasi masyarakat. Namun, suatu individu belum bisa dikatakan sebagai individu sepenuhnya apabila dia belum dibudayakan, karena hanya individu yang mampu mengembangkan potensinya sebagai individulah yang bisa disebut individu. Dan sebenarnya untuk mengembangkan potensi kemanusiaannya ini atau untuk menjadi berbudaya dibutuhkan media keluarga dan masyarakat. Itulah mengapa ketiga aspek tersebut saling berkaitan.

No comments:

Post a Comment