Wednesday 17 February 2010

‘Artikel’ is Money

‘Artikel’ is Money


Seni dapat menghasilkan uang, contohnya saja seni tari, gambar, music, dsb. Menulis juga merupakan sebuah seni. Jika kita bisa mengolahnya menjadi sesuatu yang indah maka tulisan kita bisa menjadi seni yang akan disukai orang dan mungkin akan berujung pada penghasilan uang seperti seni-seni lainnya. Ada banyak cara membuat tulisan yang menarik, misalnya saja cerpen, novel, dan puisi. Namun cara paling simple yang mungkin tidak terlalu membutuhkan waktu lama dan pemikiran keras, yaitu artikel. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa dipakai untuk membuat artikel kita di majalah atau blog bisa ditongkrongin lama-lama oleh pembaca.

  1. Hal pertama yang akan dibaca dari sebuah artikel adalah judulnya. Maka buatlah judul yang heboh dan menarik untuk dibaca kelanjutannya. Misalnya saja 10 Cara Jitu Mengawinkan Kucing dengan Tetangga Anda, atau Rahasia Sukses Menanam Padi di Laut. dst.
  2. Buat point-point pentingnya. Berusalah untuk fokus dalam membuat artikel, sehingga tidak membuat isi artikel anda melenceng entah kemana.
  3. Jangan bertele-tele dan langsung ke topiknya. Ini adalah artikel bukan ajang curhat jadi jangan deskripsikan cuaca, keadaan dan suasana hati anda, kecuali anda buat blog diary anda sendiri yang saya rasa belum tentu ada yang mau baca.
  4. Lalu buat kesimpulan di akhir artikel anda untuk menanggulangi pembaca yang mungkin masih tetap nggak ngerti apa isi artikel anda meski sudah dibaca bolak-balik.
  5. Dan yang paling penting sebagai seorang penulis artikel adalah jangan mencuri. Cantumkan selalu sumber artikel anda. Jangan sampai anda masuk artikel orang dengan judul yang paling menarik perhatian seantero kota, Maling Artikel Meringkel di Sel.


Jika masih bingung ingin buat artikel seperti apa, tulis saja apa yang anda kuasai dan mungkin menarik bagi banyak orang.

No comments:

Post a Comment