Monday 3 January 2011

IPTEK dan Kemiskinan

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN UNTUK KEHIDUPAN MASYARAKAT

Menurut Sutrisno Hadi, ilmu pengetahuan adalah kumpulan dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan dari sejumlah orang-orang yang dipadukan secara harmonis dalam suatu bangunan yang teratur.

Sedangkan ilmu itu sendiri (yang berasal dari kata science) adalah rangkaian keterangan tentang sesuatu yang berasal dari pengamatan gejala-gejala alamiah (fenomena) melalui studi dan pengalaman yang disusun dalam sebuah sistem untuk menentukan hakekat dari yang dimaksud. Dari pengertian ini terlihat bahwa rasio lebih dominan.

Menurut pemikiran manusia secara umum, hakekat ilmu adalah hubungan antara subyek terhadap obyek (timbale balik) menurut suatu idea (cita-cita).

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan mengalami perkembangan. Berkaitan dengan dunia pendidikan perkembangan pengetahuan dan teknologi terus berlangsung. Dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dipergunakan untuk kemajuan kehidupan masyarakat.

Kaitan antara pendidikan (sekolah) dengan masyarakat dapat dikaji berdasarkan pendapat-pendapat sebagai berikut:

Menurut Popenoe dalam Ahmadi (2004:182) fungsi pendidikan untuk masyarakat adalah :

1) transmisi kebudayaan masyarakat,

2) menolong individu memilih dan melakukan peranan sosial,

3) menjamin integrasi sosial,

4) sebagai sumber inovasi sosial.

Sedangkan menurut Broom dan Selznick dalam Ahmadi, fungsi pendidikan adalah untuk :

1) transmisi kebudayaan,

2)integrasi sosial,

3) inovasi,

4) seleksi dan alokasi,

5) mengembangkan kepribadian anak.

Dari kedua pendapat ahli tersebut di atas ada unsur-unsur yang hamper sama, dan pendapat dari Broom dan Selznick ada sedikit perbedaan karena menambah unsur yang kelima yaitu mengembangkan kepribadian anak. Berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, dari beberapa unsur yang ada, memiliki kaitan erat yaitu menyangkut inovasi (pembaruan). Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan membawa pembaruan dalam bidang kehidupan masyarakat.

Sebagai contoh pengaruh yang positif, dengan ditemukannnya energy nuklir maka dapat dipakai untuk pembangkit tenaga listrik. Walaupun ada pihak yang kontra yaitu adanya dampak negatif misalnya pembuangan limbah nuklir, seandainya ada kecelakaan pembangkit listrik seperti kasus Kernobil. Contoh yang lain dengan pengembangan energi yang dapat diperbarukan seperti minyak jarak; pengembangan tenaga-tenaga panas bumi, pemanfaatan sinar matahari. Hal tersebut dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap minyak bumi yang saat ini cadangannya semakin berkurang.

Dari uraian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan makadapat bermanfaat untuk pembaruan kehidupan masyarakat. dapat bermanfaat untuk pembaruan kehidupan masyarakat.

fungsi kemiskinan

Membahas masalah kemiskinan di Indonesia terasa tak habis habisnya,dalaman setiap tahun angka kemiskinan di Indonesia terus saja bertambah,penyebabnya mulai dari pemberhentian para karyawan karena ketidak setabilan ekonomi Indonesia pada saat ini dan bangkrutnya beberapa usahawan karena semakin banyak saingan dalam perdagangan bebas.

Kemiskinan di seluruh dunia bukan hanya sebagi bagian yang merugikan bagi bangsa itu sendri , kemiskinan juga dapat kita lihat dari kegunaannya yang dapat membuatnya menjadi salah satu tolak ukur agar bangsa dan masyarakat dapat lebih baik lagi dalam menjalankan ini semua.

Kegunaan kemiskinan bagi Negara adalah sebagi suatu indikasi bahwa Negara itu telah menjadi negra yang benar-benar maju, semakin kecil angka kemiskinan di suatu Negara , maka Negara itu patut di akui sebagi Negara yang maju, Negara maju bukan hanya di lihat dari kemajuan teknologi dari Negara itu sendiri melaikan dari bagimana Negara itu mengelola kemiskinan dengan baik sehingga angka kemiskinan dapat dikurangi terus menerus.

Kegunaan kemiskinan bagi masyarakat menurut saya adalah sebagi pengingat kita kepada sang pencipta dan sebagi suatu penentu nilai social yang baik.di zaman seperti ini banyak sekali masyarakat yang telah diberikan kelebihan materi lupa akan sekelilingnya. Dengan adanya kemiskinan mereka yang telah diberiakn kelebihan patutnya melihat dengan hati nurani bahwa di sekelilingnya masi banyak saudara kita yang masi dalam keterpurukan sehingga bagi mereka yang mempunyai kelebihan dapat sedikit memberikan bantuan kepada mereka yang memerlukan. Namaun di zaman ini nampaknya lebih banyak masyarakat yang tidak peduli akan sekelilingnya karena telah di butakan oleh harta yang melimpah.

KEMISKINAN memang menyimpan banyak sekali dampak-dampaknya, mulai dari dampak yang positif hingga dampak yang negative, hal itu tergantung bagi mana masyarakat itu sendiri menilai kemiskinan.Kemiskinan tidak hanya identik dengan kejahatan, kesan itu timbul mungkin dari kita yang seakan kurang peduli akan sekeliling kita.

banyak kalangan yang tidak tahan menderita karenanya mereka berusaha keras agar dapat keluar dari lingkaran penderitaan.rupanya penderitaan yang di alami oleh sebagian saudara-saudara kita itu di lihat oleh beberapa ”jaringan” sebagai lahan empuk untuk memperbesar pengaruhnya.

ketika bekerja sebagai captain di sebuah cafe di bandung ali pernah di tawari oleh ”jaringan” itu dengan iming-iming fulus sebagai kompensasinya ali harus mengikuti dan menghadiri acara yang mereka lakukan.

terus terang ali enggak munafik,siapa sih yang enggak mau fulus,tapi sayangnya ali masih kuat iman sehingga tawaran yang lumayan menggiurkan itu ali tolak dengan halus.dan uniknya jaringan itu tidak kesal dengan ali,mereka masih menjadi tamu di cafe tempat ali bekerja.

masih di cafe yang sama ali juga pernah di beri tip yang lumayan besar,hampir semua karyawan mendapatkannya,tapi ali kurang tahu apakah ini jaringan yang sama yang jelas semua karyawan bahagia pada waktu itu,siapa sih yang enggak seneng di kasih uang.

karena hampir semua karyawan dapet uang ”tip” sang owner jadi nanya kepada ali,siapa tuh tamu tajir banget ? ali cuma bisa gelengkan kepala…mungkin pemilik cafe jadi tersindir he he he karena merasa dirinya pelit he he he.kok pemilik cafe tahu ? karena ketika tamu tajir itu lagi bagi-bagi fulus,dianya kebetulan lagi berada di cafe..

bagi siapa saja yang memang di beri tuhan kelebihan rejeki alangkah eloknya jika anda membagikannya kepada yang lebih berhak tampa adanya iming-iming tertentu.sebagai orang yang masih berjuang untuk dapat hidup lebih layak,ali hanya cemas kepada saudara-saudara kita yang masih hidup serba kekurangan.

di tengah hidup kekurangan semuanya bisa menjadi ”gelap” iman juga bisa jadi gadaikan hanya untuk menyambung hidup.bukankah keyakinan itu tidak bisa di paksakan ? siapa sih di dunia ini yang mau hidup susah ?

ada juga sebagian kita yang kerjanya hanya menyalahkan orang miskin,dengan ungkapan-ungkapan sinis,habis mereka malas sih,ah itukan memang bawaan mereka,mereka itu orang miskin tidak bisa bekerja secara cerdas,coba kalau bisa pasti mereka tidak akan miskin..ah ,kita memang baru bisa mengumpat belum bisa memberikan solusi agar saudara-saudara kita segera keluar dari jeratan kemiskinan.

No comments:

Post a Comment